Negara ASEAN Khawatir Terhadap Indonesia

Admin 12.00

JAKARTA - Negara-negara di ASEAN secara resmi telah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak awal Januari 2016. Pemerintah pun telah bersiap dengan berbagai regulasi untuk mendorong industri dalam negeri agar dapat bersaing di pasar bebas ASEAN.

Menurut Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Indonesia tak perlu khawatir dalam mengahadapi MEA. Pasalnya, saat ini defisit neraca perdagangan Indonesia semakin membaik sejak semester ke dua 2016.

"Tren perdagangan indonesia cukup positif karena defisitnya semakin sedikit. Kita yakin Indonesia akan menjadi winner dalam persaingan pasar bebas," ujar Lembong dalam rapat dengan Komisi XI DPR RI, di Gedung Nusantara II, Jakarta, Senin (18/1/2016).

Bahkan, lanjut Lembong, berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan, saat ini justru negara-negara di ASEAN yang khawatir terhadap ekspansi Indonesia.

"Kita telah melakukan pengamatan dengan berbagai stakeholder. Justru negara ASEAN yang cukup was-was terhadap Indonesia. Mereka takut terhadap ekspansi UMKM kita," tandasnya.(rai)
okezone.com
Previous
Next Post »
0 Komentar